Monumen Laka Lantas Ngawi..


MONUMEN LAKA LANTAS NGAWI
Monumen Laka Lantas Ngawi. FOTO: MuhammadWahid/2015

Dibangun di tepi Jalan Nasional Ngawi-Solo tepatnya desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, monumen ini dibuat untuk peringatan kepada pengguna jalan agar lebih berhati-hati dalam berkendara.

Baca juga:
Titik Rawan Laka Disepanjang Jalur Ngawi

SG Lover's Ngawi AE

Bagaimana status Pelaku Tabrak lari?

Khususnya ketika melintas di Kota Ngawi. Monumen diatas juga sebagai penanda banyaknya kasus kecelakaan di sekitar area tersebut. Juga untuk memperingati kasus kecelakaan bus Sumber Selamat terguling dipagi hari saat melintas di wilayah Pertigaan Ngarengan tersebut, yang menyebabkan 1 korban tewas tergencet body bus. Apalagi, kondisi jalur memang menikung.

MONUMEN LAKA LANTAS NGAWI
Bus Sumber Selamat terguling di Sidowayah, Senin(20/4/2015) pagi hari. FOTO: Arifta Widyatama/2015

Sekaligus sebagai peringatan bahwa jalur tengkorak Ngawi selalu minta korban. Hampir setiap hari ada kecelakaan, bahkan dalam satu hari pernah terjadi 5 kecelakaan. Tak peduli itu motor mobil truk bus. Mulai korban luka ringan, luka berat sampai meninggal di TKP, semua sudah ada kejadian lakanya. Sehingga butuh kesadaran bersama bahwa keselamatan harus diutamakan. Kasihan kan kalo sampean mengalami kecelakaan apalagi bojomu cuantik mas. :D

Adapun penyebab utama banyaknya kasus kecelakaan di Jalur Ngawi yakni:

1. Human Error
Mulai perilaku ugal-ugalan dijalan, melanggar marka jalan, juga kurangnya keahlian dalam berkendara. Itu terbukti dari banyaknya jumlah antrian 'Nembak SIM' yang selama ini terjadi. Seperti kasus emak-emak sein kanan beloknya kiri..

Tak kalah penting juga adanya aksi balap liar. Setidaknya Ngawi punya 3 sirkuit balap liar. Yang paling terkenal yakni: Sirkuit Jalan Ahmad Yani Beran, Sirkuit Tiara, Sirkuit Dawu, Sirkuit Kedunggudel. Sudah sering dirazia, ratusan motor berhasil diamankan Polres Ngawi, faktanya masih ada lagi dan lagi.

2. Kondisi Jalan
Faktor penyebab kecelakaan yang juga banyak memakan korban adalah dari kondisi jalan itu sendiri. Jalur Ngawi terkenal banyak tikungan, naik turun, minim penerangan, jalan bergelombang dan lubang jalan menganga. Ada Ribuan lubang dijalur Ngawi yang sering memakan korban. Memang, secara teknis sudah mulai ditambal oleh Dinas PU Bina Marga Cipta Karya Ngawi. Namun tidak menyeluruh, apa karena kurang anggaran?

3. Kondisi Kendaraan
Faktor ini sebenarnya masuk ke Human Error, karena kendaraan sudah pasti hak pemilik itu sendiri. Banyak kejadian truk kecelakaan karena tidak layak jalan. Lebih banyak lagi kondisi motor yang sudah dimodif dan dipereteli kelengkapannya.

Dan bagi anda yang saat ini masih dijalan. Harap hati-hati, jaga jarak aman dan kurangi kecepatan. Ngantuk capek jam Sholat mampir saja ke rest area atau SPBU terdekat. Yang lapar monggo mampir dulu ke Mie Ayam terdekat.. ^_^

===
Aduan dan informasi seputar lalu lintas, informasi seputar kecelakaan, informasi pembuatan SIM, STNK dan BPKB bisa menghubungi Call Center SATLANTAS POLRES NGAWI di:

(0351) 4477222 atau
WA/SMS 082131333386

Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas
Dan budayakan keselamatan sebagai Kebutuhan!

:D ^_^

#Ngawi #ExploreNgawi #NgawiRAMAH

MONUMEN LAKA LANTAS NGAWI
Monumen Laka Lantas Ngawi. FOTO: MuhammadWahid/2015

MONUMEN LAKA LANTAS NGAWI
Monumen laka lantas Ngawi. FOTO: HermanAe Bumioreg-oreg/2016
_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: