Penyebab banyaknya kasus Laka di jalur Ngawi..

Jalur Tengkorak Ngawi
Kelakuan bus AKAP yang sering ngeblong. FOTO: Facebook.com

NGAWI-- Dari dulu biasa kita sebut #NgawiJalurTengkorak karena rawan laka. Mulai dari masuk Mantingan tembus Karangjati utawi Maospati. Selain rawan ya memang kondisinya seperti itu. Kondisi tersebut sebagai berikut:


Faktor jalan:
-bergelombang
-berlobang
-minim penerangan
-kelak kelok naik turun
-jalan sempit

Baca juga:
Titik Rawan Laka Disepanjang Jalur Ngawi

SG Lover's Ngawi AE

Bagaimana status Pelaku Tabrak lari?

Faktor jalan ini harusnya bisa diselesaikan keroyokan pihak terkait. Untuk jalan Nasional terutama dari Kementerian PU, bersama Dinas PU Jatim kerja bareng PU BMCK Kabupaten Ngawi. Harusnya bisa selesai.

Soal anggaran, ini tugasnya Bupati bareng DPRD. Wakil rakyat yang dipilih untuk menyalurkan aspirasi termasuk mengajukan anggaran pembangunan jalan rusak. Harusnya bisa selesai tanpa menimbang berapa Ceperan yang bakal diperoleh. Berapa selipan tendernya.

Termasuk juga untuk jalan desa perbatasan yang seolah blas gak diperhatikan. Seperti di jalan Jambangan Paron, Gerih, Banjarejo-Sonde, Ngancar Pitu, Banyuasin-Blora, Pacing Padas dan lainnya seperti terangkum disini Ramahnya Ngawi Ku.. . Semoga Bupati Ngawi 2 periode bisa mendapatkan hidayah.. Aaamiin..

Faktor manusia:
-terutama pengguna Roda 2 yang kadang lali jalane mbahe. Bener jalan raya yang membuat simbahe biyen. Sampek lupa berterima kasih dengan simbahnya..

Sudah tahu jalan bergelombang nekat ngebut. Alasannya jatuh, karena menghindari lubang terus ditabrak truk.

PERBAIKAN JALAN NGAWI
Anggota Satlantas Polres Ngawi berinisiatif menguruk jalan berlubang didepan Pos Polisi Jembatan Timbang, Widodaren, Minggu(28/2/2016). FOTO: Facebook Satlantas Ngawi

Sudah tahu surat kendaraan tidak lengkap, belum punya SIM nekat masuk Kota. Bareng ono cegatan kaget nekat putar balik disundul truk dari belakang. Innalillahi.. Padahal gak perlu putar balik. Lak pengen selamet cukup jujur "belum punya SIM pak..". Tinggal pilih sidang pengadilan opo tilang ditempat? Paling banter 100 ribu damai wes..

Sudah tahu berapa CC motornya nekat balapan dengan Sugeng Rahayu. Gas gak nyampe nekat ngebut, terus jatuh alasannya tersenggol truk dari depan.

Sudah tahu namanya truk itu kendaraan berat. Baru mau nge-gas awal berat, apalagi buat ngerem. Lakok tiba-tiba ada sepeda motor nyelonong motong jalan.

Sudah tahu pabrik motor mumet memikirkan faktor keselamatan. Bareng lepas dari diler langsung sepiyon dicopot. Ban diganti cilik. Ring velg matik dirubah gede. Knalpot diganti worr. Lampu rem diganti putih. Lampu utama diganti silau. Lampu sein ditutupi skotlet. Shock diceperno. Bareng nikung gak seimbang terus delosor.. Njur pesek irunge. Goro-goro ra gelem gawe helm..

Sudah tahu sirine palang sepur berbunyi ee masih nekat nerobos. Bareng kesenggol sepur sik disalahke penjaga palang pintu..


FAKTOR PENYEBAB LAKA LANTAS
Sejumlah pengendara motor nekat menerobos pintu perlintasan KA. FOTO: Google.com

-kedua bus AKAP. Satlantas Ngawi tentu sangat hapal mana bus yang punya rekor langganan pelanggar marka garis lurus. Pasti hapal soale sering tilang sidang ditempat. 50ribu damai.. Besok diulangi lagi, damai lagi, hehehe..

Sudah tahu marka lurus nekat nge-blong truk. Jarak mepet dari depan ada bus lagi njur ciuman. Ngunu lak ditilang jare protes..

Sudah tahu lampu merah nekat ngeblong. Bareng tabrakan njur nyalahke bangjo-ne jare error. Sudah tahu ada truk parkir malah nekat nge-blong kiri. Bareng nubruk jarene gara-gara parkir liar di bahu jalan.

-human error, mabuk mendem nekat mengemudi jalan nikung jarene lurus bablas nyemplung kali.

Sudah ngerti maksimal tiap 4 jam sekali harus istirahat, merem melek malah nekat nyetir. Merem 2 detik bablas nyemplung sawah jare alesane lihat tuyul lewat...

-balap liar, pye kabare sirkuit Beran, sirkuit Tiara, sirkuit Dawu, dan kususon sirkuit Kedunggudel? Masih sering road race pora yo? Hehehe.. sudah tahu Ngawi belum punya sirkuit asli. Kelewat kreatif dikit, jalan raya serasa sirkuit balap. Padahal, ini bisa dicegah kalau orang tua sadar jam malam. Kelewat jam 21.00 harus pulang ke rumah. Kalo masih nekat tinggal ambil aja itu kontak motor.

Soal balap liar ini, sy punya pengalaman pribadi. Itu tahun 2013 kalo gak salah, sebelum lulus SLTA. Satlantas dan Satreskrim Ngawi pasti masih ingat kasus ini, toh file data kasusnya masih ada. Jaman itu ada seorang teman dekat, yang ketangkep saat balap liar. Ndilalah itu motornya hasil kriminal. Jadi, seumuran anak sekolah itu sudah berani balap liar plus pake motor comotan.. Sy juga heran, kenapa bisa begitu, jangankan balap liar sy aja jaman itu belum bisa lancar naik motor.. Wkwkwk..

Usut punya usut memang juga ada pengaruh dari orang tua. Keadaan keluarga yang kurang harmonis bisa merubah pola pikir seorang anak untuk bertindak diluar jalur. Anak cari kesenangan diluar dan akhirnya cuma Sesal, kata yang pantas diucap. Semoga poro orang tua yang ikut membaca tulisan ini juga semakin menyadari pentingnya perhatian kepada anak..

Nah, itu tadi beberapa faktor terbesar penyebab banyaknya kasus kecelakaan khususon diwilayah Ngawi. Mari Utamakan saling menghargai sesama pengguna jalan. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat. Wayahe Sholat yo mandek disit. Insyaallah lancar perjalanane.. :)

INFO TAMBAHAN
Untuk kawan-kawan yang melintas di jalur Ngawi jika mengalami gangguan, misal terjadi kecelakaan. Segera infokan ke Satlantas Polres Ngawi melalui telepon di 0351-4477222 atau via WA/SMS 082131333386

Untuk yang masih dijalan harap tetap hati-hati bro
Jaga jarak aman, kurangi kecepatan
Ingat, Keluarga anda menanti dirumah..!

Salam Aspal Gronjal..
#SAG #KabarNGAWI #NGAWIRamah


_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: