Monumen Suryo Ngawi..


MONUMEN SURYO NGAWI
Monumen Suryo Ngawi. FOTO: Posjatim.com 
#KabarNGAWI #NgawiRAMAH 

Monumen Suryo Ngawi terletak di areal hutan milik Perhutani, masuk desa Pelang Lor, kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Dibangun sebagai Penghormatan terhadap Gubernur Suryo yang Gugur di daerah ini karena saat itu dicegat dan dibunuh oleh PKI.

Baca juga:


Peristiwa itu terjadi pada hari Kamis Pon tanggal 11 November 1948. Seusai dari acara Peringatan 10 November di Yogyakarta, Mobil sedan yang membawa Gubernur Suryo melaju ke  Madiun hendak mengunjungi sanak saudara. Yakni peringatan 40 hari meninggalnya R.M. Sarjoeno, yang Gugur dibunuh oleh PKI Madiun.  Sesampainya di daerah Bogo, kecamatan Kedunggalar mobil tersebut diCegat oleh gerombolan Sisa sisa pasukan PKI Madiun pimpinan Maladi Jusuf.

Pada saat yang bersamaan dari arah timur juga melaju mobil yang ditumpangi  Komisaris Besar Doeryat, dan Komisaris Polisi Soeroko. Dan kemudian dicegat juga oleh pasukan PKI.

Keduanya bersama Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo Gugur setelah dihabisi oleh gerombolan PKI tersebut.

Empat hari kemudian, jenazah para korban ditemukan penduduk di Kali Kakah, Dukuh Ngandu, Desa Bangunrejo, kecamatan Kedunggalar, lalu dibawa ke Madiun dan dimakamkan di Sawahan, Desa Kepalrejo, Magetan.

Ketiganya kemudian diabadikan di Monumen Suryo seperti tampak foto diatas.

Lokasi pembunuhan tepatnya sekitar 200 meter arah depan yang ditunjuk patung Gubernur Soeryo. Di lokasi ini telah dibangun gapura/ tugu sebagai tanda peristiwa saat itu.

Monumen Suryo Ngawi
Tugu sejarah kekejaman PKI. FOTO: Agus Pujianto/2016

Disitu pula tertulis: “Di sini telah gugur Pahlawan-pahlawan bangsaku: 1. Almarhum Bapak Soerjo, Gubernur I Jawa Timur 2. Doerjat, Kombes Polisi I 3. Soerono, Kompol Polisi I, akibat kekejaman PKI di bulan Nopember 1948.”

===
Wanawisata Monumen Soeryo terletak di sisi jalan Ngawi-Gendingan. Lokasi strategis, Sejuk karena tepat di kawasan hutan Perhutani KPH Ngawi.

Disamping menyuguhkan wisata alam dengan jenis pohon utama yaitu Pohon Jati, dilokasi ini juga ada lokasi kusus penangkaran hewan-hewan dilindungi seperti Kijang dll.

MONUMEN SURYO NGAWI
Tanggal peresmian Monumen Suryo Ngawi. FOTO: Muhammad Wahid/2015

Tak kalah juga tersedia wisata kuliner bagi anda yang ingin mencicipi Kuliner khas Jawa Timur. Selain itu adanya pasar burung sebagai ikon lokasi ini, ikut menambah seru pula situasi di lokasi wisata ini. Terutama bagi anda penggila burung kicau.

MONUMEN SURYO NGAWI
Pengunjung sering berselfie ria di area ini. FOTO: Riyanike Arista/2015

Anda penasaran? Silahkan datang ke Wanawisata Monumen Soeryo. Buka setiap hari. Lokasi strategis baik dari arah Solo, Sragen maupun dari arah Madiun, Surabaya. Karena lokasinya terletak di Jalur Surabaya- Jogja, sehingga anda tak perlu khawatir. Silahkan bisa naik Bus EKA, MIRA, SUMBER SELAMAT, MILA dan bus-bus lain yang melewati jalur ini sangat banyak.

Silahkan datang, Kami tunggu anda di Monumen Soeryo Ngawi!!!
Semoga Info ini bermanfaat Trims
_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: