Haruskah Sarjana me-Nganggur?

Bolehkah Sarjana Menganggur
Bus Sumber Selamat melintas di Terminal Gendingan. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

"..Mas.. Mas.. Golek kerjoan angel eram yoo.. ", curhat kawan saya sore tadi. Dia seorang sarjana muda, bingung karena merasa susah mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan pendidikannya.


Baca juga:
> Kenapa harus jadi PNS?

> Kenapa harus membayar Zakat?

> [VIDEO] Seminar Wirausaha bareng Saptuari Sugiharto

Hehehe Gak usah golek kerjo bro. Tapi kerjoan yg harus mencari sampean. Lawong sampean kan Sarjana lapo kudu bingung?

Namanya sarjana, jangan jadi pencari kerja. Tapi harus jadi PENCETAK Lapangan Kerja.

Doktrin pendidikan tinggi di Indonesia masih terlalu lembek. Coba tengok pengarahan waktu awal Pendaftaran masuk: " Carilah fakultas/ jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.."

Gak salah juga sih, tapi ini doktrin Buruh. La lapo kuliah duwur-duwur barang kalo tujuannya cuma jadi KULI?

Anda itu beda mas, level sampean setingkat lebih tinggi. Punya otak cerdas harus dipakai buat bangun usaha, cetak lapangan kerjo, jangan mau cuma jadi Kuli. Jadilah Bos. Walau hanya Bos Krupuk, misalnya.

Indonesia tidak akan MAJU kalo pemudanya cuma berMental Buruh. Ratusan ribu lulusan Sarjana tiap tahunnya. Jika tiap sarjana jadi bos Garam, bos Tahu, bos Sayur, bos Ayam, bos Soto, bos Mie Ayam, juragan Ketela, juragan Jengkol, juragan  Sate, juragan Rawon, juragan siomay, juragan nasi uduk. Dijamin tidak ada Pengangguran.

Karena kita juga membaca data BPS Agustus tahun 2015 silam. Jumlah Pengangguran lulusan Sarjana di Indonesia mencapai 1,05 Juta orang. Jumlah ini tiap tahun terus bertambah. Kenapa? Ya itu tadi, pengennya cari kerja yang sesuai jurusan, bahkan ada yang ngotot harus jadi PNS. Muukee gilee, ngene lo cak, kita hidup ini butuh makan, tugas kita bekerja mencari makan dengan jalan apapun yang penting Halal dan Baik. Tidak peduli apa itu sesuai atau tidak dengan pendidikan sampean. Hukumnya, sopo obah bakale mamah. Asal mau bekerja pasti bisa makan. Karena rejeki dari Allah SWT itu sudah disiapkan untuk kita, tapi tidak bisa kok mak bedunduk tiba-tiba ada duit jatuh dari langit. Impossible, horaa mungkin bro, semua harus diusahakan disertai doa dan harus legowo berapapun hasil yang didapat pasti cukup buat MAKAN..

>> Lah mas, tujuan kuliah kan bukan buat cari kerja. Tapi cari ilmu dan mengembangkannya untuk mengejar cita-cita..

Opo yo ngunu to cak? Hehehe sampean kuliah tujuane cari ilmu ngejar cita-cita. Tapi setelah lulus kenapa malah cari kerja? Sampean jadi Polisi, TNI, dokter, insinyur, guru, dan sebagainya tujuan aslinya cari kerja cari duwit, ya to? Sampean cari duwit mungkin caranya beda-beda sesuai profesi diatas yang katanya itu cita-cita. Lalu ketika gak bisa mencapai cita-cita apa terus gak mau kerja lainnya? Po gak isin karo bapakmu sing wis rekoso ngragati kuliahmu..

Kita justru khawatir, jangan-jangan Universitas yang ada sekarang ini hanya sebatas Industri/ Pabrik yang mencetak: calon tenaga kerja alias buruh. Bukan sebagai pabrik yang memproduksi: Calon Pencetak Lapangan Kerja. Ini jelas sangat berbeda. Mungkin dosen sampean juga seperti dibawah ini:

HARUSKAH SARJANA MENGANGGUR?
Haruskah sarjana menganggur? FOTO: Screen shot

>> " Lah mas, la mau buka usaha gak punya modal ki?"

Gundulmu kuwii..
Jangan bilang Gak punya modal, selama sampean bisa membaca tulisan ini dari smartphone yg tidak Murah.. :D

>> " Tapi mas, nanti kalo begitu gimana? Tapi kan ini itu.."

Boleh punya pertimbangan. Tapi banyak pertimbangan biasanya terus gak jadi buka usaha. Teorinya, orang mau buka usaha  butuh waktu minimal 1 tahun perencanaan. Sampean Sarjana, sudah terlatih deadline cukup 1 minggu saja. Sedikit pertimbangan, langsung action. Soal hasilnya bagaimana itu urusan belakang. Modal keberanian itu harus jadi patokan.

Tolong, sekali lagi tolong yang punya otak Cerdas harap Dipakai. 4 tahun biaya jutaan rupiah jangan mau cuma jadi Kuli. Indonesia butuh orang cerdas dan jujur macem sampean pada. 4 tahun kuliah itu waktu efektifnya paling 32 bulan. Sisanya, ada 16 bulan itu jangan disia-siakan, apalagi cuma dolan paling sering malah pacaran. Kalo perlu tunda dulu kesenangan, diganti dengan hal-hal yang bermanfaat, belajar bekerja, disambi kerja, mulai buka usaha, walaupun hanya JUAL PULSA misalnya. Jadi, saat sampean wisuda nanti hora plonga-plongo bingung mau kemana, harus ngemis kerja. Sebab sampean sudah punya Usaha sendiri, punya pengalaman dan punya jiwa Wirausaha bukan jiwa Buruh lo cak.. ^_^

>> " La kenapa to kok Harus berwirausaha? "

Ingat sabda Kanjeng Nabi SAW: " 9 dari 10 pintu Rezeki itu dari Perniagaan". Dari bidang jual beli ini sangat besar peluang rezeki yang didapat. Beda jauh dengan sampean yang pegawai. Pegawai apapun, mau itu PNS atau pegawai pabrik alias Buruh, semua tahu kapan gajiannya? Hari ini gajian, harus nunggu 1 bulan lagi. Dan sudah bisa ditebak paling banter berapa juta to? Beda dengan wirausaha, sampean dagang pagi, sore sudah gajian. Sampean jualan hari ini, besok pagi sudah balik modal plus untung.

PNS sebulan bisa beli 2 motor pasti dicekel KPK. Pedagang sehari beli 2 mobil? Hooora masalah, itulah mengapa Nabi SAW sejak dulu mengajarkan kita untuk mencari rezeki yang: 'Rezeki itu mencari sampean..'. Beliau sendiri juga seorang Pedagang, gak pernah malu apalagi gengsi. Jadi, jangan pernah malu untuk berdagang, dan membuka usaha.

>> Lah mas, kalo semua sarjana jadi Pencetak Lapangan Kerja terus siapa yang dipekerjakan?

Hehehe, masih pakai data BPS Agustus 2015, jumlah Pengangguran Sarjana 1,05 Juta orang. Sedangkan lainnya, mulai SMK SMA SMP SD jumlahnya mencapai 6,5 Juta orang. Masih tanya siapa yang mau dipekerjakan?

Tolong, yang jadi Dosen, itu mahasiswamu tolong dikandani. Jangan pada ngotot jadi PNS. Tapi harus didorong untuk berwirausaha berani membuka lapangan kerja untuk banyak orang. Bukankah, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya.." sebagaimana sabda Rasulullah SAW?

Lihat juga:
> [VIDEO] Rangga Umara, Sarjana yang Sukses dari Jualan Lele

> [VIDEO] Mas Mono, Mantan Office Boy Jadi Milyarder

>> Lalu pentingkah kuliah itu?

Silahkan diartikan masing-masing. Tapi jangan jadikan sarjana sebagai syarat kesuksesan. Sarjana tanpa Keahlian hanya akan menambah jumlah pengangguran. IPK Tinggi tidak pernah menjanjikan keberhasilan seseorang.

Ada satu prinsip dasar yang mungkin banyak kita lupakan. 1 tujuan dari kita semua hidup harus cari MAKAN, ada banyak cara untuk bisa Makan. Ada yang kuliah dulu baru cari kerja dapat uang baru beli makan. Tapi ada prinsip singkat, silahkan dipilih:

CARI KERJA-DAPAT UANG-MAKAN
CARI UANG-MAKAN

Cari Kerja butuh banyak syarat. Bahkan tak sedikit syaratnya minimal S1. Padahal tujuannya kerja buat cari uang. Tapi, kalo sampean niate Cari Uang, gampang, syarate cuma Kemauan. Banyak jalan untuk mencari Uang sehingga bisa Makan. Asal ada Kemauan dan putuskan urat Malu. Usaha apapun pasti ada hasilnya. Silahkan dipilih.. :)

>> Boleh sampean pengen jadi PNS, tapi jangan berambisi

Gak masalah sampean jadi pegawai atau pns, tapi ada jalan yang lebih baik kenapa tidak? Jadi PNS itu baik asal Jujur. Tapi sampean sarjana pasti bisa mikir, PNS itu pengabdian kepada Negara. Kalo tidak ada niat mengabdi, biasane niate bisnis, akhire kepincut Korupsi. Ini yang berbahaya. Justru lebih bebas jadi wirausaha mas. Sampean mau kerja 24 jam sehari gak masalah, sampean kerja 2 jam per hari boleh, sah-sah saja.

Ibu-ibu sekarang juga harus cerdas. Kalo Ngudhang anak jangan cuma jadi Pegawai. Sejak dulu kala mosok kudangane:" Tak kudange bocah bagus.. Besok pinter sekolahe.. Suk yen gede dadi PEGAWE.."

Ingat bu:
PEGAWAI=KARYAWAN=BURUH=KULI
Monggo dikudhang putrone supoyo dadi Bos, sregep leh buka Usaha, paling penting maneh, Sregep IBADAH'e..

Rak ngoten tah? :) :D ^_^

SHARE THIS,
#kopipagi #radardjowo

===
Ngunu iku isih onok sik takok, " Loh mas kok gambare bis Sumber Selamat? "

>> Hehe iku ngunu sumber Inspirasi bro. Kita harus punya pemikiran dan action cepat tepat seperti Sumber Selamat. Dan selalu yakin, insyaallah setiap masalah setiap hambatan bakal minggir dewe.. ^_^

Terima kasih anda sudah membaca Haruskah Sarjana Menganggur?

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: